PABSI Kalsel Usulkan Cabor Angkat Besi Menjadi Cabor Resmi Pada POMNAS 2023

Pengurus Provinsi (Pengprov) Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Provinsi Kalimantan Selatan saat mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PABSI 2023 di Jakarta pada tanggal 25-27 Januari lalu. dok

Pengurus Provinsi (Pengprov) Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Provinsi Kalimantan Selatan mengusulkan agar cabang olahraga angkat besi, menjadi salah satu cabor resmi yang bakal dipertandingkan pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Tahun 2023 di Kalsel mendatang.

Usulan tersebut telah disampaikan Sekretaris Umum Pengprov PABSI Kalsel sekaligus Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalsel, Rokhyatin Effendi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PABSI 2023 di Jakarta pada tanggal 25-27 Januari lalu.

Rokhyatin mengatakan, PABSI Kalsel sangat mendukung apabila cabor angkat besi dipertandingkan pada POMNAS 2023. Apalagi di POMNAS 2023, Kalsel jadi tuan rumah. 

“Sehingga kami akan mendukung penuh cabor angkat besi dipertandingkan di POMNAS 2023. Bahkan atlet angkat besi kalsel banyak menghasilkan prestasi di nasional,” ujarnya di Banjarmasin, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya, sebagai tuan rumah, Kalsel memiliki venue yang representatif dan berstandar nasional. 

“Kami pastikan Kalsel siap sarana dan prasarananya untuk mempertandingkan cabor angkat besi di POMNAS 2023. Sebelumnya Kalsel juga sudah sukses menjadi tuan rumah Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) 2022,” ungkapnya.

Selain itu, apabila cabor angkat besi dipastikan dipertandingkan di POMNAS 2023, maka akan memotivasi para lifter Banua untuk mengukir prestasi. 

“Momen ini sebenarnya sangat dinantikan oleh para lifter Kalsel yang berstatus sebagai mahasiswa. Mereka sering bertanding di luar Kalsel, tentunya semangat dan motivasi mereka akan semakin berlipat kalau bertanding di daerah sendiri,” tuturnya.

Selain itu, pada Rakernas PB PABSI tersebut, membahas rencana kerja untuk peningkatan kinerja dan prestasi atlet di seluruh Indonesia termasuk di Kalsel.

“Rencana peningkatan prestasi atlet di daerah termasuk di Kalsel, masuk ke dalam rencana kerja yang dibahas dalam rapat kerja nasional,” ucapnya.

Oleh karena itu, program kerja PABSI Nasional pada tahun 2023 dalam rangka peningkatan kinerja atlet. Di antaranya, lisensi wasit serta persiapan pelatnas menghadapi Sea Games, serta Kejurprov Senio dan Junior serta Pra PON.

“Dengan banyaknya agenda kegiatan tersebut, maka diharapkan diikuti dengan peningkatan prestasi atlet angkat besi di Kalsel,” katanya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai