Dinsos Dirikan Dua Posko Dapur Umum di Haul Abah Guru Sekumpul

Dapur umum Dinsos Provinsi Kalsel di Kantor Kecamatan Martapura Timur. MC Kalsel/Rns

Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bahwa setiap SKPD turut serta menyukseskan pelaksanaan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Disdikbud Kalsel mendirikan dua posko utama pelayanan dapur umum lapangan bagi jemaah dan posko koordinasi relawan di halaman Kantor Kecamatan Martapura Timur.

Plt Kepala Dinsos Provinsi Kalsel, Muhammadun diwakili Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Achmadi mengatakan, pendirian posko sudah dilaksanakan sejak Minggu (22/1) lalu untuk menyiapkan makanan bagi relawan yang bekerja mendirikan posko mereka masing-masing.

“Yang terdata ditempat kita hingga saat ini sebanyak 59 posko relawan, masing-masing dengan total 5.164 orang yang akan bertugas pada pelaksanaan puncak Haul,” kata Achmadi, Banjar, Selasa (24/1/2023).

Dapur umum sendiri, dikatakan Achmadi terdapat 69 lingkup di Martapura Barat, Timur dan Kota. Selebihnya juga terdapat rest area di masing-masing Kabupaten, yang sudah melapor yaitu Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin dan Batola.

“Teknis pembagian pada hari H yaitu sebelum Salat Magrib, dimana ketika jamaah berbondong-bondong ke titik acara dan sesudah pelaksanaan Haul kita juga siapkan makanan. Sebanyak 5.000-10.000 makanan kita siapkan dari posko utama,” ucap Achmadi.

Untuk menunya sendiri pihaknya akan menyiapkan daging sapi bumbu merah, telur, ayam serta beberapa cemilan seperti pisang goreng, singkong goreng dan juga jagung rebus.

“Pihak kita telah menyembelih dua ekor sapi sumbangan dari Disdikbud kalsel. Menu tersebut hanya untuk posko utama, untuk posko lain berbagai menu juga disiapkan. Bahkan juga turut dibantu dari SKPD Pemprov Kalsel yaitu ikan segar dari Dislautkan Kalsel masing-masing sebanyak 20 kilo per posko,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai