Pemprov Kalsel Siarkan Langsung Haul ke-18 Guru Sekumpul

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim (tengah) meminpin rapat koordinasi persiapan Haul ke-18 Guru Sekumpul di Kantor Dinas Kominfo Provinsi Kalsel.

Diinisiasi Ulama Banua dan didukung Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan pihak terkait terus mematangkan persiapan jelang haul ke-18 Guru Sekumpul yang akan dilaksanakan Kamis (26/1) malam di Kampung Keramat, Martapura Timur.

Terbuka untuk umum dan bisa dihadiri secara langsung, haul ke-18 Guru Sekumpul juga dapat diikuti melalui kanal youtube kalselmc (Media Center Kalsel), Abdi Persada 104,7 FM, dan Tahfidz Darussalam serta live report radio Abdi Persada.

“Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperingati haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Kampung Keramat, Kamis nanti. Bagi masyarakat yang tinggalnya jauh, seperti diluar Kalsel, kami juga menyiapkan siaran langsung agar haul ini bisa disaksikan sebanyak-banyaknya masyarakat,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel, M Muslim, Banjarbaru, Selasa (24/1/2023).

Muslim pun mengatakan, sejauh ini persiapan siaran langsung hampir rampung, mulai dari koneksi internet, perangkat hingga operator. Selain itu, ruas jalan Kampung Keramat akan dipasang sedikitnya enam layar besar, untuk memecah keramaian namun tetap bisa menyaksikan secara dekat haul ke-18 Guru Sekumpul.

“Telkom memberikan dukungan penguat sinyal di lokasi kegiatan untuk kelancaran penyiaran secara langsung, baik melalui youtube, maupun media televisi lokal, dan radio,” ucap Muslim.

Untuk melihat mobilitas orang maupun lalu lintas, Muslim menyebutkan pemantauan dilakukan melalui CCTV di ruas jalan A. Yani (Banjarbaru), bekerja sama dengan Dinas Kominfo Banjarbaru dan Banjar. Selain itu, 8 sampai 10 CCTV juga diletakkan di titik- titik strategis lokasi haul.

Diperkirakan dihadiri puluhan Ulama Banua dan luar daerah serta puluhan ribu jemaah, Muslim berharap haul ke-18 Guru Sekumpul bisa memperkuat silaturahmi antara ulama, pemerintah, dan masyarakat.

“Semoga kita semua dimudahkan untuk saling bersilaturahmi, dan mudah-mudahan haul ke-18 Guru Sekumpul ini berjalan lancar dan aman,” ucap Muslim. MC Kalsel/ AY

Mungkin Anda Menyukai