Pemerintah dan Hipmikindo Akan Bersinergi Edukasi Pelaku UMKM Kalsel

Penyerahan bendera pataka kepada ketua Hipmikindo Kalsel (kiri) di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Selasa (17/1/2023).

Ketua DPD Hipmikindo Provinsi Kalimantan Selatan, Sutjipto akan melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalsel.

Hal ini disebutkan usai dirinya dilantik sebagai oleh Ketua Hipmikindo Pusat di Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Selasa (17/1/2023).

“Nantinya bagaimana cara memberikan literasi, edukasi kepada anggota pelaku UMKM supaya mereka tidak asal bikin, asal produksi,” ujar Sujipto.

Dijelaskan, sinergitas yang akan dibangun dengan Pemprov Kalsel adalah dukungan penjualan. Maka diperlukan sebuah ekosistem bersama dinas terkait, seperti Dinas Koperasi dan UKM.

Lalu, Iajuga menyebutkan jika kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM adalah permodalan.

“Bagaimana caranya para pelaku UMKM ini mendapatkan modal dari perbankan syariah, kemudian diberikan pelatihan-pelatihan,” lanjutnya.

Sedangkan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku UMKM, diharapkan dapat dilakukan kerja sama dalam pelatihan.

Hadir dalam pelantikan kepengurusan yakni Kepala Dinas Perindustrian Prov Kalsel, Mahyuni dan Kepala Dinas PMPTSP Prov Kalsel, Endri. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai