Dinas PUPR Pertahankan Gelar Predikat Sangat Baik Perkantoran Ramah Lingkungan

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (tengah) menyerahkan penghargaan juara pertama Kantor Ramah Lingkungan kepada Kepala Dinas PUPR Kalsel, Ahmad Solhan di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Senin (2/1/2023). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali pertahankan gelar juara predikat sangat baik pada penilaian Perkantoran Ramah Lingkungan Tahun 2022 dengan nilai 88,94.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor didampingi Sekda Kalsel, Roy Rizali Anwar yang diterima langsung oleh Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan.

“Kami ucapkan selamat atas raihan preatasi dalam menerapkan perkantoran ramah lingkungan,” ucap Sahbirin Noor, Senin (2/1/2023).

Ia meminta agar perkantoran lain  juga menerapkan perilaku ramah lingkungan. Ia juga mengajak seluruh ASN untuk mengelola sampah dengan baik, dan efisien dalam menggunakan energi.

“Perilaku ramah lingkungan akan ikut mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim. Mari kita biasakan diri untuk ramah terhadap lingkungan, khususnya di lingkungan perkantoran kita masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Andri Fadli menambahkan penghargaan yang didapat tidak lepas dari komitmen pimpinan, dalam hal ini Kepala Dinas PUPR Kalsel, dalam menerapkan lingkungan yang bersih dan nyaman, sehingga dapat mempertahankan gelar juara kantor ramah lingkungan dua kali berturu-turut.

“Ini tidak lepas dari komitmen pimpinan dan kerja sama semua pihak untuk meraih prestasi tersebut,” kata Andri.

Menurutnya untuk meraih penghargaan kantor ramah lingkungan pihaknya melakukan pengelolaan kompos, aktif di bank sampah, menyediakan tempat sampah sesuai jenis, menanam pohon, mengurangi pemakaian kantong plastik, dan menempatkan tanaman hias di setiap ruangan serta hemat energi.

Lanjut, nantinya juga akan menerapkan membawa tumbler bagi pegawai Dinas PUPR Kalsel, dan di setiap ruangan ada tempat minum air galon. 

“Bahkan di setiap kegiatan rapat di kantor tidak memakai penggunaan kantong plastik,” ujarnya.

Ia berharap kepada SKPD yang belum meraih prestasi kantor ramah lingkungan agar bisa semangat memperbaiki pengelolaan kantornya.

“Jadi dengan menerapkan kantor ramah lingkungan maka otomatis bekerja akan fokus dan nyaman,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai