Tingkatkan Kesejahteraan, Pemprov Kalsel Terus Lakukan Upaya Pembinaan Transmigran

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Irfan Sayuti. MC Kalsel/usu

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalsel akan melaksanakan Bimbingan Peningkatan Keterampilan Pembuatan Kain Sasirangan pada Kawasan Transmigrasi di Kalsel Tahun Anggaran 2023 pada Kimtrans Nelayan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu dan Eks Kimtrans Lajar Papuyuan Kabupaten Balangan. 

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Irfan Sayuti mengungkapkan, kegiatan Bimbingan Peningkatan Keterampilan ini merupakan usulan dari masyarakat.

“Mereka sendiri yang langsung mengusulkan kepada kami bahwa ingin mengembangkan Industri Rumah Tangga Kain Sasirangan di Kimtrans Nelayan Angsana dan Eks Kimtrans Lajar Papuyuan,” ucap Irfan, Banjarmasin, Selasa (27/12/2022).

Irfan menjelaskan, bimbingan peningkatan keterampilan pembuatan kain sasirangan ini akan dilakukan di dua kabupaten yang merupakan kawasan transmigrasi, yaitu Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kabupaten Balangan.

Irfan berharap, dengan bimbingan peningkatan keterampilan ini nantinya masyarakat yang berada di kawasan transmigrasi tersebut dapat meningatkan sumber daya manusianya.

“Karena kawasan transmigrasi dekat dengan pantai angsana, otomatis hasil dari pembuatan sasirangan mereka nanti bisa di jual kepada wisatawan yang datang,” jelas Irfan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan dan Penataan Satuan Permukiman Tempatan Bidang Transmigrasi, Umaryoto menambahkan rencana bimbingan peningkatan keterampilan ini ada beberapa paket.

“Untuh Kabupaten Tanah Bumbu dua paket, dan Kabupaten Balangan satu paket terdiri dari 30 orang per paket,” tutur Umaryoto.

Umaryoto mengatakan, bimbingan peningkatan keterampilan ini rencana akan dilakukan sesuai kelompok yang ada di kawasan tersebut.

“Jadi mereka akan diberikan pembelajaran mengenai cara pembuatan kain sasirangan sehingga mereka bisa kembangkan lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup,” ujar Umaryoto. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai