Akreditasi Pelatih dan Penataran Wasit Juri Forki Kalsel Untuk Hindari Terjadinya Konflik

Suasana kegiatan Akreditasi Pelatih dan Penataran Wasit Juri Forki Kalimantan Selatan, Selasa (20/12/2022). MC Kalsel/tgh

Untuk menghindari terjadinya konflik dan protes berlebih pada saat kejuaraan Paman Birin Open Champion Nasional 2022, Panitia Kejuaraan Karate Piala Paman Birin bersama KONI Pusat dan Kemenpora melaksanakan Akreditasi Pelatih dan Penataran Wasit Juri Forki Kalimantan Selatan.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, bertempat di Ruang Rapat Sahbirin Noor, Kantor Dispora Kalsel, Banjarmasin, Selasa (20/12/2022).

“Sebelum melakukan pertandingan pada tanggal 21 hingga 23 Desember, ada dilakukan pelatihan wasit juri. Ini dilakukan untuk menyamakan persepsi antara pelatih dan wasit juri,” kata Kabid Binpres Forki Kalsel, Pawahisah Mohabatan .

Pawahisah yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Forki Kalsel mengatakan, jumlah pelatih yang mengikuti kegiatan ini ada 64 orang dari setiap kontingen. 

“Kontingen pelatih yang ikut ada dari Kaltim, Kalteng, Kaltara dan Kalsel. Hingga dari luar pulau Kalimantan juga ingin ikut, namun karena terbatas jadi kami sudah tutup,” ucapnya.

Ia menuturkan, sebagai narasumber dalam kegiatan ini dihadirkan langsung dari Koni Pusat dan Kemenpora yang merupakan pelatih dari Pelatnas.

“Ini juga untuk memotivasi kita semua agara siap dalam menghadapi kejuaran-kejuaraan selanjutnya,” katanya.

Untuk peserta kejuaraan ini, sudah mencapai 1.200 lebih atlet dengan mendaftar daring, kemudian akan dilakukan verifikasi pada saat teknikal meeting nanti. Adapun untuk para pelatih dan wasit juri akan melakukan praktik teorinya di GOR Hassanuddin setelah menerima materi dari para narasumber. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai