Tingkatkan Kesejahteraan Pelaku Perikanan dengan Bagikan Bantuan Tempirai

Foto bersama saat penyerahan alat bantu tangkap ikan Tempirai kepada warga di Kabupaten HSS dan HSU. DKP Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalsel menyerahkan bantuan alat bantu tangkap ikan berupa Tempirai kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berada di kawasan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Utara (HSU) beberapa waktu lalu.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan kepada KUB Sungai Nyiur HSS sebanyak 400 buah, dan KUB Makmur Indah, Indah Sentosa, Nelayan Ingin Maju dan Bina Bersama HSU sebanyak 2000 buah.

Kepala DKP Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono saat ditemui mengatakan, bantuan tersebut sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk membantu para pelaku perikanan dalam meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Alhamdulillah telah kita serahkan kemarin bantuan berupa Tempirai kepada KUB yang berada di HSS dan HSU. Bantuan tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk membantu dan mendukung masyarakat,” kata Rusdi, Banjarmasin, Kamis (8/12/2022).

Dipilihnya Tempirai, dijelaskan Rusdi merupakan salah satu alat tangkap ikan ramah lingkungan yang paling banyak digunakan, dan masih dioperasikan oleh pelaku utama perikanan di perairan rawa.

“Untuk menangkap ikan di daerah rawa digunakan Tempirai dan hasil tangkapan yang didapat pun lebih banyak dari alat tangkap lainnya,” ucap Rusdi.

Rusdi pun berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan pendapatan mereka khususnya disektor perikanan. Bantuan juga dalam rangka Hari Ikan Nasional ke-IX Tahun 2022, dengan mengusung tema Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan Generasi Unggul. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai