Perekonomian Kalsel Tumbuh Lima Persen

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (KPw BI Kalsel) merilis pencapaian perekonomian Kalsel pada Triwulan III 2022, yang terus melanjutkan pertumbuhan positif di tengah perlambatan ekonomi global dan kenaikan inflasi domestik.

Hal itu disampaikan pada kegiatan Bincang Bareng Media (BBM) di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (7/12/2022).

Kepala KPw BI Kalsel, Imam Subarkah menjelaskan perkembangan tersebut tercermin pada pertumbuhan ekonomi Triwulan III 2022 yang tumbuh 5,59 persen (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan capaian triwulan sebelumnya sebesar 5,81 persen (yoy).

“Kinerja ekonomi yang tetap kuat tersebut ditopang oleh berlanjutnya perbaikan permintaan domestik dan tetap tingginya kinerja ekspor,” ujar Imam Subarkah.

Dijelaskan dari sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi didorong oleh kinerja Lapangan Usaha (LU) Pertambangan, LU Pertanian, LU Industri Pengolahan, dan LU Konstruksi.

Sementara dari sisi permintaan, perlambatan ekonomi didorong oleh kinerja konsumsi rumah tangga, konsumsi Pemerintah, dan Investasi.

“Namun, dampak perlambatan ekonomi global terhadap kinerja ekspor dan potensi tertahannya konsumsi rumah tangga akibat kenaikan inflasi patut diwaspadai,” lanjutnya.

Dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi, KPw BI Kalsel terus memperkuat perannya dalam memberikan advisory untuk pengembangan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru. MC Kalsel/Fuz 

Mungkin Anda Menyukai