Dispersip Siap Hadirkan Bunda-Bunda Literasi dan Dorong Minat Baca di Daerah

Dispersip Provinsi Kalsel siap gelar Workshop Bunda Literasi/Duta Baca dan Pegiat Literasi Daerah. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka mendorong minat baca dan menghadirkan bunda-bunda literasi di daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menggelar workshop bersama Bunda Literasi Kalsel, Duta Baca dan Penggiat Literasi Daerah pada Kamis (8/12) besok.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, acara ini mendapat banyak respon positif dari para penggiat literasi, pustakawan Banua hingga pustakawan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Depok, Jawa Tengah, dan Riau.

Bahkan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI menyatakan siap mengikuti kegiatan tersebut.

Nurliani juga menambahkan, hingga saat ini kabupaten/kota yang sudah memiliki Bunda Literasi diantaranya Kabupaten Tanah Bumbu dan Hulu Sungai Tengah (HST).

“Menurut informasi, Kabupaten Banjar siap meresmikan dan mengukuhkan Ibu Literasinya. SK Bupati juga sudah keluar, tinggal menunggu peresmiannya saja,” ujar Nurliani, Banjarmasin, Rabu (7/12/2022).

Nurliani pun berharap, kabupaten/kota yang lain dapat segera menghadirkan keberadaan Bunda Literasi untuk membantu program promosi minat baca dan literasi di daerah. 

Acara yang diadakan di salah satu hotel berbintang Banjarmasin ini juga dapat diikuti melalui zoom atau disaksikan di channel Youtube Dispersip Kalsel.

Menghadirkan Fathul Jannah Muhidin, Bunda Literasi Kalsel, yang juga sebagai Wakil Ketua TP PKK Kalsel selaku salah satu narasumber pada kegiatan Workshop tersebut.

Tidak hanya itu, Dispersip Kalsel juga menghadirkan narasumber luar biasa lainnya seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah, kemudian ada Hajriansyah seorang pegiat literasi dan juga akademisi, Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin dan juga seniman asal Kalsel.

Dan ada pula Duta Baca Daerah Kabupaten Tanah Laut Shely Nova Khareza, seorang milenial dan selebgram. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai