UPTD PLDPI Jalin Silaturahmi di Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Suasana keakraban di peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022. MC Kalsel/Jml

Suasana haru dan gembira menyelimuti keluarga besar Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi (PLDPI) Kalimantan Selatan (Kalsel) di hari kedua peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022.

Tangisan para orang tua peserta didik dan terapis serta jajaran PLDPI Kalsel pun pecah saat mendapatkan persembahan ucapan terima kasih dari para peserta didik berkebutuhan khusus.

Kepala UPTD PLDPI Kalsel, Sri Mawarni mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 ini pihaknya ingin menjalin silaturahmi dengan para orang tua peserta didik.

“Jadi pada peringatan Hari Disabilitas Internasional kali ini kami ingin memberikan dukungan kepada anak-anak kami yang berkebutuhan khusus agar mereka bisa mengakses kehidupan yang seadil-adilnya, seperti anak-anak yang lain,” kata Mawarni, Banjarmasin, Sabtu (3/12/2022).

Mawarni menambahkan, untuk membantu perkembangan syaraf, sensor motorik, dan emosi pada peserta didiknya, pihaknya pun mengadakan serangkaian kegiatan seperti berenang bersama, kemudian pada Jumat malamnya mengadakan salat berjamaah dan pengajian bersama.

“Pada kegiatan malam tersebut kami mengajak para orang tua untuk merenungkan kembali apa itu anak berkebutuhan khusus, dan kita semua (orang tua dan terapis) memiliki tanggung jawab untuk membimbing mereka,” tutur Mawarni.

Kemudian pada hari kedua ini, lanjut Mawarni, juga mengadakan senam bersama, da sejumlah lomba seperti, mewarnai, meronce, dan memasukkan bola ke dalam keranjang. Pada kesempatan ini juga jajaran PLDPI Kalsel turut memberikan tali asih kepada orang tua peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada para orang tua atas partisipasi mereka. Bahkan tanpa kami minta, para orang memberikan berbagai macam sumbangsih seperti sumbangan makanan, lauk, dan lainnya,” ucap Mawarni.

Mawarni berharap, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional kali ini menjadi berkah bagi semua orang, khususnya bagi perkembangan peserta didik berkebutuhan khusus. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai