Pemprov Kalsel Optimis Geopark Nasional Meratus Dapat Pengakuan UGG

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) optimis Geopark Nasional Meratus akan mendapatkan pengakuan UNESCO Global Geopark (UGG).

Apalagi beberapa waktu yang lalu, Geopark Nasional Meratus kedatangan tim Global Geopark Network (GGN) untuk melakukan pra penilaian.

“Alhamdulillah pada kunjungan beberapa waktu lalu, mereka sangat terkesan dengan Geopark Nasional Meratus. Mereka juga yakin Geopark Nasional Meratus akan mendapatkan pengakuan sebagai UGG,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (15/11/2022).

Syarifuddin menjelaskan, dari hasil pra penilaian tersebut, banyak masukkan yang didapatkan oleh Pemprov Kalsel dan Badan Pengelola Geopark Meratus untuk disiapkan guna penilaian di 2023 mendatang.

“Alhamdulillah kita dapat sejumlah masukkan agar bisa disiapkan untuk penilaian oleh Tim UNESCO pada 2023 nanti,” tutur Syarifuddin.

Syarifuddin berharap, Geopark Nasional Meratus bisa mendapatkan pengakuan sebagai UGG, sehingga akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata di Banua.

“Kita juga mengharapkan dukungan dari masyarakat Banua, karena ini faktor yang sangat penting. Semoga pada penilaian yang akan dilakukan tim asesor nanti Geopark Meratus bisa menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark, dengan begitu akan memberikan dampak pada sektor pariwisata dan ekonomi kita, dimana banyak orang yang datang tidak hanya untuk berwisata tapi juga untuk meneliti sejarah bebatuan di Geopark Meratus ini,” harap Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai