Pelatihan Akuntansi Untuk UMKM Kalsel

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai memberikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan Akuntansi bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMKM) dan Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi Manajer/Kepala Cabang/Pengelola KSP/USP Koperasi di Balai Pelatihan Koperasi di Banjarbaru, Senin (14/11/2022).

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Pelatihan Akuntansi bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMKM) dan Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi Manajer/Kepala Cabang/Pengelola KSP/USP Koperasi di Balai Pelatihan Koperasi.

“Untuk memberikan pemahaman tentang prinsip pengelolaan koperasi yang baik dan upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia bagi pengurus, pengelolaan dan khususnya manajer koperasi, diperlukan pelatihan berbasis kompetensi agar semua peserta mampu membawa koperasi untuk lebih baik ke depannya,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, Senin (14/11/2022).

Pada pelatihan ini, peserta akan memahami dan memiliki kompetensi di bidangnya sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dari anggota koperasi.

“Kita berharap peserta nantinya memahami dan menanamkan jiwa wirausaha untuk menunjang keberhasilan UMKM dalam menjalankan usahanya, serta dapat meningkatkan pemahaman dan pembukuan akuntansi melalui digitalisasi akuntansi serta manajemen pengelolaan koperasi secara profesional,” harap Yanuar.

Selanjutnya kepada peserta juga diharapkan nantinya dapat menambah pemahaman dan kompetensi bagi para manajer dalam mengelola koperasi secara profesional dan lebih paham akan prinsip pengelolaan organisasi dan manajemen koperasi.

Kemudian para pelaku UMKM dapat mempunyai kemampuan meningkatkan kapasitas dan penanaman jiwa wirausaha terutama bagi wirausaha pemula, 

“Sehingga mampu mengelola pemasaran serta memanfaatkan e-commerce dalam mempromosikan sekaligus membangun branding produk,” jelas Yanuar.

Pelatihan dilaksanakan selama empat hari, mulai dari tanggal 14 – 17 November 2022 dengan 40 jam pelajaran pada masing-masing pelatihan. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai