Pemprov Kalsel Apresiasi Festival Tradisi Ba’Ayun Maulid

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat duduk di ayunan pada kegiataan Ba’ayun Maulid di Kabupaten Banjar, Rabu (26/10/2022).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengapresiasi pelaksanaan Tradisi Ba’Ayun Maulid yang digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Banjar di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengungkapkan tradisi Ba’ayun Maulid ini merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan.

“Karena dengan budaya kita bisa membuktikan bahwa di daerah tersebut memiliki peradaban,” ucapnya, di Kabupaten Banjar, Rabu (26/10/2022).

Ia menjelaskan, dengan kegiatan seperti ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa semuanya bisa saling bergotong royong dalam melakukan kegiatan ini.

“Dan diharapkan bisa memberikan kebahagian kepada seluruh masyarakat yang mengikuti pelaksaan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kab. Banjar, Nur Gita Saidi Mansyur menambahkan kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Ba’ayun ini diikuti 100 peserta, yaitu 38 dari masyarakat umum, 31 dari SKPD serta 31 dari PAUD,” tuturnya.

Lanjut, Ia menjelaskan, kegiatan ini sebelumnya sering dilakukan di Kabupaten Banjar, akan tetapi lima tahun ke belakang tidak bisa terlaksana.

“Tapi di tahun berikutnya, kami akan terus mengusahakan dan berkolaborasi bersama pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan ini. Agar masyarakat dapat merasakan perayaan kegiatan seperti ini,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai