Kalsel Direkomendasikan Menjadi Tuan Rumah Popnas 2025

Gubernur Kalsel membuka secara resmi Pra Popnas Zona III Tahun 2022 di Gor Hasanuddin Banjarmasin, Rabu (26/10/2022) malam. MC Kalsel/tgh

Kalimantan Selatan (Kalsel) akan direkomendasikan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2025, setelah Sumatera Selatan, Palembang-Bangka Belitung Tahun 2023. 

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora Bayu Rahadian pada pembukaan Pra Popnas Zona III Tahun 2022 di Gor Hasanuddin Banjarmasin, Rabu (26/10/2022) malam.

Ia juga sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Pra Popnas di Kalsel dengan persiapan yang begitu matang.

“Apalagi penyambutan, pelayanan dan fasilitas yang disiapkan sangat luar biasa dan berkualitas. Apalagi Gubernur Kalsel sangat peduli dengan kegiatan olahraga di Kalsel dengan semboyannya Kalsel Bergerak,” ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan Pra Popnas yang dilaksanakan lima zona ini, merupakan bagian pembinaan dan ajang seleksi menuju Popnas Palembang-Bangka Belitung 2023. 

“Semoga kita bisa menghasilkan atlet potensial yang akan mengharumkan negara di masa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor,  menekankan pentingnya pembinaan usia dini dan kalangan pelajar. 

Dengan prestasi dari olahraga, akan mengangkat kehormatan daerah maupun negara. 

“Saat ini, dunia berlomba melakukan pembinaan olahraga dengan teknologi ilmu pengetahuan dalam mencapai prestasi,” katanya.

Tidak hanya itu, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, menyambut gembira Kalsel direkomendasikan menjadi tuan rumah Popnas 2025. 

“Sebenarnya kita sudah siap untuk melaksanakan Popnas di Kalsel. Apalagi kita baru saja sukses menggelar MTQ Nasional,” katanya.

Untuk perhelatan Pra Popnas Zona III diikuti 7 Provinsi yaitu Kalsel, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Utara (Kaltara), DI Yogyakarta, Bali, Jawa Tengah (Jateng), dan Banten. 

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan ada 8 cabor yaitu bola basket, bola voli, bulu tangkis, pencak silat, tenis, sepak bola, sepak takraw, dan tinju.

Adapun total medali yang diperebutkan yaitu 47 medali emas, perak dan perunggu. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai