DATU SOBAN Mudahkan Sinkronisasi Data PPKS dan PSKS

Sekretaris Dinsos Kalsel, Diyah Anur Yani. MC Kalsel/Rns

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan rapat koordinasi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2022 mulai 25 Oktober sampai 27 Oktober 2022.

Sekretaris Dinsos Kalsel, Diyah Anur Yani mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya dalam sinkronisasi pengelolaan pendataan 26 jenis PPKS dan 12 jenis PSKS pada Dinsos 13 Kabupaten/Kota melalui aplikasi berbasis web, yaitu Data Terpadu Sosial Banua (DATU SOBAN).

“Dengan upaya hadirnya aplikasi DATU SOBAN, diharapkan bisa mendapatkan ketersediaan data, dimana kebutuhan akan data tentang PPKS dan PSKS secara by name by address (BNBA) sangat penting dalam pelaksanaan perencanaan program/kegiatan serta pengambilan keputusan suatu kebijakan,” kata Diyah, Banjarmasin, Rabu (26/10/2022).

Dinsos Kalsel sendiri dikatakan Diyah, sebelum hadirnya aplikasi DATU SOBAN hanya memiliki data mikro berupa jumlah angka saja. Sejalan dengan itu, melalui DATU SOBAN akan memenuhi data makro yang dimana bisa dibagi-pakaikan serta dapat dipertanggung jawabkan.

“Oleh karena itu, DATU SOBAN merupakan inovasi tata kelola pemerintahan dalam pengelolaan data dan informasi di Dinsos Kalsel dan Dinsos kabupaten/kota,” ucap Diyah.

Melalui rapat koordinasi tersebut, Diyah menginginkan pihaknya dapat mengevaluasi progres penerapan serta pelaksanaan pendataan 26 jenis PPKS dan 12 jenis PSKS melalui sistem aplikasi DATU SOBAN di 13 kabupaten/kota.

“Kendala atau permasalahan apa saja yang telah dihadapi selama pelaksanaanya serta meraih solusi dari permasalahan dan kendala tersebut untuk menetapkan data PPKS dan PSKS tahun 2022 di Kalsel,” tambah Diyah.

Pada kesempatan tersebut, Dinsos Kalsel juga memberikan reward penghargaan kepada Dinsos kabupaten/kota yang telah berhasil menginput PPKS dan PSKS terbaik.

“Terbaik pertama dari Dinsos Kota Banjarbaru dengan jumlah inputan 25 PPKS total 13.883 dan 12 PSKS total 514. Terbaik kedua dari Dinsos Kota Banjarmasin dengan jumlah inputan 25 PPKS total 30.484 dan 12 PSKS total 526 dan terbaik ketiga dari Dinsos Kabupaten HSS dengan jumlah inputan 24 PPKS 10.024 dan 9 PSKS total 494,” ucap Diyah. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih