Tingkatkan Konsumsi dan Kegemaran Makan Ikan di Masyarakat

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kanan) mengukuhkan Pengurus FORIKAN Provinsi Kalsel Periode 2022-2025. MC Kalsel/Rns

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar lomba masak serba ikan ke-19 tingkat Provinsi Kalsel serta pengukuhan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Provinsi Kalsel Periode 2022-2025, Banjarbaru, Kamis (20/10/2022).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kalsel merupakan salah satu provinsi dengan potensi sumber daya perikanan yang melimpah dan beragam.

“Potensi ini harus dimanfaatkan secara maksimal, baik yang berkaitan dengan pembudidayaan maupun dorongan, agar konsumsi ikan di masyarakat kita bisa lebih meningkat, termasuk perlunya kreativitas dalam pengolahan makanan yang bersumber dari ikan,” kata Sahbirin.

Sahbirin menyebut, peningkatan konsumsi ikan tidak hanya baik untuk pengembangan produk perikanan tetapi juga memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan.

Menurut Sahbirin, munculnya permasalahan pertumbuhan anak di Indonesia seperti postur tubuh yang pendek, kelebihan berat badan dan IQ orang Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata negara di Asia Tenggara disebabkan rendahnya konsumsi makan ikan.

“Dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan, maka diperlukan upaya bersama untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya konsumsi ikan,” tambah Sahbirin.

Keberadaan FORIKAN diharapkan berperan aktif dan menjadi inspirator dalam mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan, serta apat bersinergi dengan berbagai pihak, baik SKPD, Tim Penggerak PKK, serta organisasi-organisasi non pemerintah dan lembaga sosial kemasyarakatan maupun keagamaan.

“Semoga pengurus FORIKAN Provinsi Kalsel mampu merumuskan program dan kegiatan yang terencana, terukur, dan tepat sasaran sehingga mengoptimalkan peran forum peningkatan konsumsi ikan di kalsel,” harap Sahbirin.

Sahbirin juga mengingatkan kepada peserta lomba masak ikan agar memanfaatkan lomba ini, bukan hanya untuk meraih prestasi namun juga sekaligus sarana sosialisasi kepada masyarakat, bahwa ikan bisa dijadikan menu makanan beragam dan menumbuhkan kesadaran bersama untuk rajin konsumsi ikan yang cukup, maka generasi kita akan tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas dan berdaya saing. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai