Pengembangan Jaringan Distribusi Utama Untuk Suplai Air Lebih Optimal

Plt Kabid Cipta Karya PUPR Provinsi Kalsel, Muhammad Amril Syarif di Banjarbaru, Selasa (4/10/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel memastikan pengembangan jaringan distribusi utama atau pipa air di Jalan Trikora Banjarbaru dipastikan selesai pada Desember 2022.

“Sampai saat ini progres pemasangan pipa mencapai 80.08 persen. Dengan terpasangnya pipa, diharapkan suplai air dari IPA Pinus Banjarbakula dapat optimal,” kata Plt Kadis PUPR Kalsel, Ahmad Solhan melalui Plt Kabid Cipta Karya PUPR Provinsi Kalsel, Muhammad Amril Syarif di Banjarbaru, Selasa (4/10/2022).

Lanjut Ia menjelaskan, pemasangan pipa tersebut sepanjang 7,3 km dengan diameter 400 mili mulai jalan Mistar Cokrokusumo hingga Guntung Manggis dan menghabiskan anggaran Rp17 miliar dengan sumber dana DAK Provinsi Kalsel. 

“Pemasangan pipa jaringan itu sudah dikerjakan sejak Mei 2022 lalu, dan dipastikan selesai tepat waktu,” ujarnya.

Ia berharap dengan terpasangnya sambungan pipa air ini, akan mampu meningkatkan SR (Sambungan Rumah) sebanyak 1.000 SR baru di daerah tersebut. 

“Ini mampu menyalurkan ke 1000 SR baru. Bahkan nanti pengelolaan pipa tersebut akan dihibahkan ke Balai Pengelola Air Minum Banjarbakula Dinas PUPR Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai