Puncak WCD, Pemerintah Gelorakan Semangat Menjaga Lingkungan di Pantai Batakan Baru

Peringatan WCD di Pantai Batakan Baru. DLH Kalsel/dok

Puncak acara aksi bersih-bersih serentak sedunia yang diinisiasi World Cleanup Day (WCD) juga diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel berkolaborasi dengan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut (Tala) bertempat di area wisata Pantai Batakan Baru, Senin (19/8) lalu.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Komandan Korem 101/Antasari diwakili Komandan Kodim 1009/Tala, Kapolda Kalsel diwakili Direktur Pengamanan Objek Vital, Komandan Lanal Banjarmasin diwakili Komandan Pos Trisakti, Komandan Lanud Syamsudin Noor diwakili Kadispotdirga dan Forkopimda Tala dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tala, Kapolres Tala serta lebih dari 1000 orang relawan dari berbagai lembaga, sekolah dan komunitas lingkungan di Kalsel.

Gubernur Kalsel melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Nurul Fajar Desira mengatakan, kegiatan tersebut dapat mempererat silaturahmi berbagai lembaga, instansi maupun komunitas peduli lingkungan dalam semangat menjaga lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan bukan sekadar seremonial mendukung WCD, tetapi bertujuan sebagai kampanye peduli lingkungan, mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah, serta menanamkan pemahaman dan perubahan budaya perilaku yang bertanggung jawab terhadap sampah.

“Lokasi pantai ini dipilih untuk mengingatkan kita semua bahwa lokasi destinasi wisata tidak akan menjadi menarik lagi jika sampah menjadi pemandangan di sepanjang pantai dan laut,” kata Hanifah, Banjarbaru, Rabu (21/9/2022).

Oleh karena itu, aksi ini juga diharapkan sebagai motivasi dalam mendukung pariwisata di Kalsel yang lebih nyaman, indah dan berkelanjutan.

Menurut Hanifah, aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

“Aksi WCD di Pantai Batakan Baru ini sukses dilaksanakan dengan total sampah terkumpul sebanyak 1.176 kg dengan 41 persen sampah plastik, 35 persen sampah organik, 24 persen sampah residu,” tambah Hanifah.

Dalam rangkaian peringatan WCD di Pantai Batakan Baru ini juga dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu siskusi bersama Pemerintah Kabupaten Tala dan masyarakat dengan tema Permasalahan Lingkungan Hidup, penanaman pohon yang juga sekaligus mendukung program revolusi hijau dan aksi bersih pantai bersama pemerintah serta komunitas peduli lingkungan. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai