Registrasi Ulang STR Gizi

Dewan pimpinan daerah (DPD) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Sosialisasi Portofolio SKP Online (CPD) online dalam rangka registrasi ulang STR gizi di Banjarmasin, Sabtu (10/9/2022). MC Kalsel/tgh

Dewan pimpinan daerah (DPD) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan sosialisasi Portofolio SKP Online (CPD) online dalam rangka registrasi ulang STR gizi di Banjarmasin. 

Kegiatan sosialisasi langsung dibuka oleh Ketua DPD Persagi Kalsel, Netty dan turut dihadiri DPC Persagi seluruh Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Netty mengatakan kegiatan sosialisasi CPD online dan STR gizi ini baru pertama kali. Kegiatan ini untuk memberikan informasi bagaimana tata cara pembuatan kartu tanda anggota dan STR gizi. 

“Ini baru pertama kita lakukan. Karena teman-teman petugas gizi yang bekerja di bidang gizi klinik maupun gizi masyarakat wajib memiliki STR,” kata Netty, Sabtu (10/9/2022).

Menurutnya, petugas gizi di Kalsel yang sudah memiliki kartu anggota sekitar 900 orang. Sedangkan yang baru memiliki STR gizi baru 300 orang. Padahal mereka ini kebanyakan bekerja di puskesmas, rumah sakit, dan Dinas Kesehatan yang melaksanakan pelayanan gizi klinik dan gizi masyarakat.

“Oleh karena itu, diharapkan bagi anggota DPD Persagi di kabupaten/kota dapat mengurus STR gizi. Karena STR ini sebuah legalitas mereka untuk memberikan pelayanan gizi,” ujarnya.    

Selain itu, DPD PERSAGI sendiri merupakan mitra pemerintah dalam perbaikan gizi masyarakat dan penurunan angka stunting di Kalimantan Selatan. 

“Para anggota kebanyakan berkecimpung, pada lembaga pemerintah seperti puskesmas, rumah sakit, dan lainnya yang sering membantu dari lini terbawah dalam program penurunan stunting dan perbaikan gizi,” ungkapnya. 

Ia berharap mudah-mudahan stunting di Kalsel dapat menurun dengan melibatkan tenaga kesehatan dan lintas sektor. 

“Dengan peran lintas sektor maka stunting dapat menurun dan kedepannya masyarakat menyadari bahwa stunting itu sangat berbahaya bagi pertumbuhan anak,” tuturnya. 

Sementara itu, Sekretaris Satu DPD Persagi Tomy Viprianto menambahkan tujuan sosialisasi STR gizi ini untuk memberikan informasi kepada para anggota yang ingin melakukan perpanjangan atau membuat STR.

“Karena selama ini masih banyak permasalahan yang ditemui ketikan para anggota melakukan upload dokumen. Untuk itu melalui sosialisasi ini diharapkan dapat mengurangi masalah tersebut agar mereka nantinya bisa mandiri melaksanakan CPD online untuk perpanjangan STR gizi,” tuturnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai