Ajang KIA 2022, Program Revolusi Hijau Dishut Kalsel Raih Juara Satu

Foto bersama Dishut Provinsi Kalsel usai menerima penghargaan Kalsel Innovation Award Tahun 2022. Dishut Kalsel/dok

Program revolusi hijau Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih juara satu kategori SKPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dalam ajang Kalsel Innovation Award (KIA) tahun 2022 yang digagas Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

KIA 2022 merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel meningkatan kualitas dan kuantitas inovasi daerah.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan Pemprov Kalsel, terutama Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan rimbawan serta seluruh pihak yang telah berperan memberikan sumbangsihnya atas pencapaian program revolusi hijau. Menanam, menanam, dan menanam untuk anak cucu kita nantinya.

“Jadi program revolusi hijau ini merupakan inisiasi dari Gubernur Kalsel yang sangat peduli terhadap lingkungan dan telah digaungkan pada 03 Februari 2017 lalu,” ucap Fathimatuzzahra, Banjarbaru, Jumat (9/9/2022).

Fathimatuzzahra menyampaikan, gerakan revolusi hijau itu dari aksi kegiatan untuk merubah perilaku masyarakat secara cepat dan tepat agar peduli pada kualitas lingkungan hidup, melalui kegiatan penanaman dengan menggunakan pendekatan menyeluruh yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk peningkatan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS) dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. 

Dilanjutkan Fathimatuzzahra, inovasi program revolusi hijau yang meraih juara satu akan diusulkan dan diikutsertakan pada lomba inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Mudah-mudahan inovasi ini dapat menjadi inspirasi dan diterapkan di daerah lain di Indonesia,” tutur Fathimatuzzahra.

Diketahui, penilaian KIA 2022 dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, akademisi Universitas Lambung Mangkurat dan Uniska MAB dan penentuan pemenang di nilai berdasarkan indikator tingkat kematangan, orisinalitas, komersialisasi, penguasaan inovasi daerah dan kemanfaatan dari produk inovasi. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai