Disdag Kalsel Terus Pantau Kenaikan Harga Bahan Pokok

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani. MC Kalsel/dok

Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus memantau gelombang kenaikan harga bahan pokok yang terjadi beberapa hari terakhir, Banjarmasin, Senin (5/9/2022).

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani mengatakan, hingga hari ini berdasarkan pemantauan harga bahan pokok belum mengalami kenaikan, dikarenakan ada kemungkinan barang yang dijual masih stok modal lama.

Namun demikian, beberapa hari kedepan seiring dengan habisnya stok modal lama harga bahan pokok berikutnya diprediksi akan mengalami kenaikan.

“Itu tentunya merupakan penyesuaian dengan harga modal pembelian barang baru sebagai dampak langsung maupun tidak langsung dari kenaikan BBM yang menambah tingginya biaya transportasi, biaya produksi dan biaya lainnya, yang pastinya akan dibebankan kepada konsumen melalui harga jual suatu barang,” kata Birhasani.

Hal ini tentunya berdampak pada masyarakat menengah kebawah ataupun masyarakat tidak mampu.

Oleh karena itu, Birhasani mengimbau masyarakat yang tergolong mampu untuk menaruh simpati dan prihatin terhadap mereka yang tidak mampu tersebut.

“Setidaknya keprihatinan tersebut ditunjukkan dengan tidak membeli barang bersubsidi, seperti Gas LPG dan BBM bersubsidi, biarlah yang bersubsidi hanya untuk yang tidak mampu agar membantu mereka setidaknya  lebih meringankan dibandingkan membeli barang non subsidi,” ucap Birhasani.

Birhasani berpesan, bagi semua lapisan masyarakat untuk berhemat, hemat BBM, hemat LPG, hemat bahan pokok, hemat listrik dan air, dan selektif dalam berbelanja, jangan berbelanja sesuatu yang bukan kebutuhan, jangan menimbun atau panic buying. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai