Aktualisasi Gugus Tugas KLA di Temu FAD Tanah Bumbu

Suasana Roadshow Generasi Cerdas Cakap Digital dan Temu FAD di Kabupaten Tanah Bumbu. DPPPA Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalsel menyambut baik kegiatan Roadshow Generasi Cerdas Cakap Digital dan Temu Forum Anak Daerah (FAD) se-Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Kepala DPPPA Kalsel, Adi Santoso mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk aktualisasi Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Tanah Bumbu, yakni kolaborasi antara Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan jaWAra Internet Sehat.

Disampaikan Adi, bertujuan untuk memenuhi program KLA pada Kluster Hak Sipil dan Kebebasan pada indikator Informasi Layak Anak, karena perkembangan teknologi membuat informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah.

“Jika tanpa pengawasan, dapat menimbulkan dampak negatif bagi anak, mulai dari berita hoaks, kecanduan gawai, terpapar konten pornografi, kejahatan siber hingga kejahatan seksual. Kami berterima kasih, mendukung penuh dan berharap dapat terus dilakukan kegiatan yang ditujukan untuk memenuhi indikator-indikator pemenuhan hak anak lainnya pada Program Kabupaten/Kota Layak Anak di Kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Adi, Banjarbaru, Jumat (2/9/2022).

Kegiatan ini diikuti 150 peserta secara luring dan 200 peserta secara daring dari FAD kecamatan dan desa, pelajar SMP-SMA, Guru, dan SKPD di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sejalan, Bupati Tanah Bumbu, diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mariani mengatakan, kegiatan temu FAD ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi anak-anak atau generasi muda untuk lebih cerdas memahami serta bijak dalam menggunakan aplikasi digital maupun media sosial.

“Harapannya FAD mampu meningkatkan dan menguatkan peran dan fungsinya secara optimal, sebagai wadah yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, agar terciptanya generasi muda yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara,” ucap Mariani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai