Penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya bagi ASN Pemprov Kalsel


Penyematan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada ASN Pemprov Kalsel. MC Kalsel/Jml

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan masa pengabdian 10, 20 dan 30 tahun menerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo.

Penyematan penghargaan tersebut dilakukan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah, dengan turut disaksikan oleh Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel Syamsir Rahman, dan Forkopimda Pemprov Kalsel di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Rabu (31/8/2022).

Gubernur Kalsel melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Khatimah berharap agar Penghargaan Satyalancana Karya Satya ini dapat menjadi motivasi bagi ASN lingkup Pemprov Kalsel dalam bekerja demi kemajuan negara dan Banua.

“Siapapun yang menerima tanda kehormatan ini memiliki tanggung jawab moral untuk membuktikan penghargaan dengan prestasi kerja, kedisiplinan dan keteladanan. Mari kita tunjukkan sikap dan perilaku terpuji di masyarakat,” kata Husnul.

Lebih jauh, Husnul mengatakan, Gubernur Kalsel juga meminta kepada ASN penerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya untuk memelihara pengabdian sebagai seorang ASN dengan menunjukkan loyalitas, keikhlasan, kejujuran, dan tanggung jawab demi terwujudnya birokrasi pemerintahan yang lebih baik.

“Hargailah penghargaan tanda kehormatan, dengan pengabdian yang ikhlas untuk kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia,” ucap Husnul.

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Plt Kepala BKD Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan, pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas masa bakti ASN yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Disampaikan Syamsir, ada sekitar 600 ASN Pemprov Kalsel menerima penghargaan tersebut, dimana penyematan dilakukan secara simbolis kepada 300 penerima dan sisanya dilakukan secara daring.

“Tahun ini sekitar 600 ASN kita yang menerima penghargaan, dan tahun depanpun diperkirakan ada 600 ASN Pemprov Kalsel yang akan menerima Penghargaan Satyalancana Karya Satya ini,” jelas Syamsir.

Pada kesempatan ini Syamsir juga mengaku siap mengawal kinerja ASN di lingkungan Pemprov Kalsel sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalsel untuk mewujudkan ASN profesional dan berdaya saing.

“Kami siap untuk mengawal kinerja ASN dilingkup Pemerintah Provinsi Kalsel, dan Itu sudah kita buktikan dengan diterimanya penghargaan BKN Award kepada BKD Kalsel, jadi BKD Kalsel untuk regional Kalimantan peringkat I sementara untuk nasional peringkat III,” tutur Syamsir.

Syamsir juga mengatakan, saat ini tak boleh lagi ada ASN yang cuma makan gaji buta.

“Semua harus hadir dan bekerja sungguh–sungguh, kita terus berupaya melakukan penertiban administrasi para ASN sesuai arahan Gubernur Kalsel,” ujar Syamsir. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai