Gunakan Kurikulum Prototipe Dalam Pengembangan Modernisasi SMK Kalsel

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsuri.

Pemerintah Provinsi Kalsel terus melakukan pengembangan modernisasi SMK pada dunia pendidikan dengan mulai menggunakan kurikulum prototipe.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK Provinsi Kalsel, Syamsuri mengatakan, saat ini di Kalsel sudah sebagian SMK binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel menggunakan kurikulum prototipe.

“Kurikulum prototipe merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek,” ucapnya di Banjarbaru, Selasa (30/8/2022).

Lanjut Ia menjelaskan, kurikulum prototipe bertujuan untuk memberi ruang yang lebih luas bagi pengembangan karakter dan kompetensi dasar siswa. Lalu, dalam pelaksanaan kurikulum ini ada beberapa karakterisik yang harus diperhatikan sekolah.

“Yaitu sinkronisasi kurikulum dengan dunia usaha, kemudian pembajaran berbasis project based learning, guru magang dan siswa magang, kemudian ada pembelajaran langsung oleh wirausahan atau pengusaha kepada para siswa yang menjadi guru tamu dalam mengenalkan dunia industri, lalu ada kelas industri di dalam sekolah, dan pembelajaran berbasis teaching factory,” ungkapnya.

Untuk model pembelajaran basis teaching factory ini sangat lah berguna bagi para siswa ke depannya.

“Karena model pembelajaran ini mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri,” terangnya.

Pihaknya berharap dengan kurikulum prototipe ini, lulusan SMK di kalsel mampu mandiri untuk bekerja di dunia usaha atau industri.

“Kalaupun mereka tidak bekerja di dalam suatu perusahaan, akan tetapi mereka bisa membuka usahanya dengan modal pembelajaran yang telah diberikan pada saat di sekolah,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai