Cegah Anemia, Dinkes Kalsel Targetkan 54 Persen Remaja Putri Dapatkan TTD

Pengelola Program Gizi Dinkes Kalsel, Yuliani saat menyampaikan materi pada kegiatan pertemuan orientasi pencegahan anemia pada anak sekolah dan remaja di Banjarmasin, Selasa (30/8/2022). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan Kalsel pada tahun 2022 menargetkan 54 persen remaja putri mendapatkan Tablet Tambah Darah (TTD) guna mencegah terjadinya anemia. 

Untuk mencegah hal tersebut, Dinas Kesehatan Kalsel mengadakan pertemuan orientasi pencegahan anemia pada anak sekolah dan remaja sebanyak 4 angkatan.

“Sampai hari ini kami sudah melakukan pertemuan 3 angkatan. Jadi angkatan pertama, kedua dan ketiga ini yang kami undang berbeda-beda pesertanya. Angkatan satu dan dua mengundang pejabat seperti Dinkes, Disdik dan Kementerian Agama. Sedangkan angkatan 3 dan 4 mengundang pelaksana di lapangan,” kata Pengelola Program Gizi Dinkes Kalsel, Yuliani, Selasa (30/8/2022).

Yuliani mengatakan, pertemuan ini diharapkan anemia remaja di Kalsel dapat diminimalisir dengan pemberian tablet tambah darah di sekolah setiap minggu per butir.

Untuk itu, pihak sekolah, kemenag, Dinkes harus bekerja sama dengan baik, sehingga apa yang sudah diberikan sebagai intervensi spesifik langsung berpengaruh dan mendapatkan hasil yang tepat.

“Jadi diharapkan pemberian TTD, betul-betul tersosialisasi pada saat pertemuan komite sekolah. Pihak sekolah juga agar mengundang teman-teman Dinas Kesehatan atau petugas gizi untuk mensosialisasikan terkait pentingnya TTD pada remaja,” ungkapnya.

Oleh karena itu, selain target 54 persen, pemerintah pusat juga memberikan bantuan alat pengukur HB meter yang akan disebar ke seluruh puskesmas di daerah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih