Taman Budaya Akan Gelar Pameran Seni Untuk Meriahkan Harjad Kalsel dan HUT RI

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti di ruang kerjanya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalsel akan menggelar pagelaran seni untuk meriahkan hari jadi Provinsi Kalsel ke-72 dan Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan, nantinya ada beberapa pagelaran yang ingin dilaksanakan pada bulan Agustus.

“Yaitu pameran seni lukis nasional serta pagelaran karasminan banua,” katanya, Banjarmasin, Senin (8/8/2022).

Untuk persiapan pameran seni lukis nasional, sampai saat ini sudah mencapai 70 persen.

Lanjut, nantinya pameran seni lukis akanmengangkat tema “bias borneo” dan akan diikuti beberapa provinsi di Indonesia seperti Lampung, Sulawesi, Sumatera dan Kepulauan Jawa, serta seniman dari Kalsel.

“Sebanyak 60 lukisan yang nanti akan ditampilkan di gedung Wargasari yang berada di samping kantor Taman Budaya, mulai 16 hingga 21 Agustus 2022, dari pukul 10.00 wita hingga 21.00 wita,” tuturnya.

Suharyanti menambahkan, dalam pameran seni lukis juga akan diramaikan sekitar 15 UMKM yang turut berpartisipasi untuk mempromosikan produk usaha seperti Rumah Kreatif, kain sasirangan khas alam, dan beberapa pelaku usaha minuman dan makanan khas Banjar.

Selain itu, dalam kegiatan karasminan banua melalui program ragam pesona budaya banjar, pihaknya akan menampilkan pagelaran beberapa cabang seni.

“Seperti tari kreasi, musik panting, mamanda, band, tari teater,drama musikal melody untuk banua, band akustik, serta penampilan anak banua artis KDI dan LIDA,” ungkapnya.

Kegiatan karasminan budaya akan digelar mulai 16 hingga 19 Agustus 2022 yang bisa disaksikan secara offline di panggung Bakhtiar Sanderta yang berada di kawasan perkantoran UPTD Taman Budaya dan online melalui channel youtube Taman Budaya Kalsel.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang nantinya datang untuk menyaksikan pameran seni lukis dan kegiatan karasminan banua, agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan lupakan 6M dan bagi yang belum melakukan vaksinasi agar secepatnya mengikuti vaksinasi,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai