Pemprov Kalsel Dorong Peningkatan Perekonomian Desa Melalui BUMDesa Expo

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar (tengah) menepuk mayang atau tandan bunga kelapa yang masih muda menandai dibukanya BUMDesa Expo. MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam menampilkan produk unggulan masing-masing agar produknya lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

“Sehingga BUMDesa dapat mendorong aktivitas ekonomi tingkat desa, meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah,” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada pembukaan BUMDesa Expo dengan tema “BUMDesa Maju Kalsel Maju”, Banjarmasin, Sabtu (6/8/2022). 

Roy mengatakan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa itu dilaksanakan, dari 1.864 desa di 11 kabupaten sudah terbentuk lebih dari 1.400 BUMDesa.

“Maka dari itu, hadirnya BUMDesa dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa karena BUMDesa menjadi pilar terdepan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan menggerakkan perekonomian di desanya masing-masing,” ujar Roy.

Roy menginginkan, dari kegiatan BUMDesa Expo bisa terus dilaksanakan agar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ekonomi masyarakat desa yang ada di Kalsel.

“Semakin gencar BUMDesa kita promosikan, maka eksistensi BUMDesa makin tampak kelihatan. Promosi dalam bentuk expo membuka peluang untuk membangun kemitraan dengan pihak lainnya, seperti perbankan, investor dan stakeholder lainnya,” kata Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah mengatakan, BUMDESA Expo dilaksanakan untuk mempromosikan produk-produk unggulan BUMDesa se-Kalsel.

“Kita ingin BUMDesa dapat menyumbang terhadap peningkatan perekonomian desa bagi kesejahteraan masyarakat desa. BUMDesa sebagai tonggak perekonomian desa agar dapat menciptakan lapangan kerja di desa dan mengembangkan usaha-usaha yang ada di desa,” kata Faried.

Faried menyampaikan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor terus mendukung dalam upaya peningkatan status desa menuju desa mandiri, salah satunya melalui pengembangan BUMDesa.

“Sehingga dapat lahir BUMDesa-BUMDesa maju di Kalsel yang menjadi tonggak perekonomian desa. Hal ini sesuai dengan misi Gubernur Kalsel dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata,” tutur Faried. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai