Kalsel Laksanakan Uji Kompetensi JFK pada Agustus/September 2022

Suasana Rapat Persiapan Tim Penguji Kompetensi JFK di Banjarmasin. MC Kalsel/scw

Dalam rangka kegiatan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan (JFK) Periode Il Agustus/September 2022, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel melaksanakan Rapat Persiapan Tim Penguji Kompetensi JFK di Banjarmasin, Jum’at (5/8/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinkes Kalsel, Diauddin mengatakan, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan uji kompetensi JFK,  karena tidak semua provinsi yang dapat melaksanakan uji kompetensi tersebut.

“Kalsel sudah selesai mengikuti uji kompetensi dan sukses. Tentunya kedepan kita akan tetap melakukan evaluasi dan perbaikan agar lebih baik lagi,” kata Diaudddin.

Diauddin menyampaikan, hal ini bertujuan untuk mempermudah uji profesi para tenaga kesehatan dengan tetap berpegang pada kaidah profesional. 

“Kami sepakat untuk membangun serta memotivasi kegiatan SDM Peningkatan Mutu Kesehatan,” ucap Diauddin.

Menurut Diauddin, berdasarkan data Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SISDMK) dari SISDMK.KEMKES.GO.ID pada (30/5) di Provinsi Kalsel tercatat jumlah SDM kesehatan sebanyak 34.936 orang, terdiri dari ASN sebanyak 14.608 orang dan Non ASN sebanyak 20.328 orang, jumlah tenaga kesehatan yang aktif sejumlah 25.673, dan yang memiliki STR sebanyak 20.435, jumlah tenaga kesehatan yang memiliki SIP sebanyak 16.236, jumlah masa aktif STR kurang dari 6 bulan sebanyak 7, dan jumlah STR kedaluwarsa sebanyak 4.615.

“Dari data tenaga kesehatan tersebut, masih ada tenaga kesehatan yang belum memiliki STR, menandakan tenaga kesehatan tersebut belum tercatat secara keabsahannya sebagai tenaga kesehatan yang kompeten. Sedangkan pembangunan di bidang kesehatan harus betul-betul dilaksanakan tenaga kesehatan yang bermutu dan profesional,” kata Diauddin.

Diauddin berharap, semua yang terlibat dalam rapat tersebut dapat terus meningkatkan kualitas program pengembangan keprofesian, baik pengetahuan, keterampilan maupun sikapnya, dalam membangun kesehatan terutama di wilayah Kalsel. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai