Menunjang Pokmaswas Hadapi Illegal Fishing, DKP Kalsel Hibahkan Dua Perahu

Foto bersama saat penyerahan Bantuan Gubernur Kalsel berupa dua perahu besar. DKP Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalsel menghibahkan dua buah perahu motor (kelotok) kepada Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Doa Bersama Desa Rawana Hulu, Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin dan Pokmaswas Rawa Lestari Desa Marampiau, Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, diwakili Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono, kepada Nono selaku Ketua Pokmaswas Doa Bersama dan Akhmad Syarkani ketua Pokmaswas Rawa Lestari di Desa Rawana Hulu Kecamatan Candi Laras Utra Kabupaten Tapin.

“Alhamdulillah sudah kita serahkan kelotok untuk menunjang keperluan Pokmaswas dalam beraktivitas di lapangan menghadapi illegal fishing,” kata Rusdi, Banjarbaru, Rabu (3/8/2022).

Hibah kelotok tersebut, diakui Rusdi, dilakukan sebagai bentuk perhatian Gubernur Kalsel di bidang Perikanan untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan khususnya di perairan umum.

“Mengingat Pokmaswas sebagai ujung tombak pengawasan sumber daya perikanan, karena berhadapan langsung dan yang pertama tahu terjadinya illegal fishing,” ucap Rusdi.

Oleh sebab itu, Rusdi menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalsel sangat konsen memperhatikan dan melakukan pengawasan perairan mencegah penangkapan ikan secara ilegal atau tidak sesuai ketentuan peraturan perundang undangan. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai