Kaji Banding ke DKP Jateng, Dispersip Kalsel Perkaya Wawasan Layanan Perpustakaan

Foto bersama saat kunjungan Dispersip Kalsel ke DKP Jateng. Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kaji banding ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Jawa Tengah (Jateng) belum lama ini.

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie ini dilakukan dalam rangka menambah dan memperkaya wawasan tentang bidang layanan perpustakaan.

Nurliani mengatakan, salah satu keunggulan DKP Jateng adalah dapat menggait pihak swasta, di antaranya Bank Jateng melalui program tanggung jawab sosial perusahaan.

“Saat ini kita hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan dana alokasi khusus, meski kita peraih Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat tertinggi di Indonesia dua tahun berturut-turut,” kata Nurliani, melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (16/7/2022).

Lebih jauh, Nurliani menuturkan, pihaknya akan terus belajar dan selalu mencari tahu keunggulan dari berbagai daerah lain.

“Selain itu, kita juga menggali terkait program perpustakaan berbasis inklusi sosial,” tutur Nurliani.

Usai kunjungan, rombongon Dispersip Kalsel juga mendatangi Pendongeng Nasional, Kempho Antaka, atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kak Kempho, untuk dapat mengisi kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2022. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai