One Day for Children, Wujud Aktualisasi dan Potensi Diri Anak

Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional 2022 atau One Day for Children di Taman Edukasi Banua Banjarmasin. MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2022 atau One Day for Children di Taman Edukasi Banua, Banjarmasin, Jumat (15/7/2022).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan, peringatan tersebut jangan hanya sebatas seremonial saja, akan tetapi harus lebih memperhatikan hak-hak anak agar kedepan lebih baik.

“Salah satu wujud hak anak adalah memberikan kesempatan kepada anak agar dapat mengaktualisasikan potensi yang ada di dalam diri serta berkreativitas dengan keceriaan,” kata Sahbirin.

Ditambahkan Sahbirin, perhatian kepada anak-anak tidak hanya oleh pemerintah saja, akan tetapi semua pihak harus bersinergi memperhatikannya, karena semua mempunyai anak yang menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuriyani menyebutkan, pada kegiatan tersebut anak-anak yang hadir bebas bermain dan berekspresi apapun untuk menunjukan mereka adalah harapan bangsa di masa akan datang.

“Kita juga telah memberikan bantuan yang diserahkan langsung oleh Gubernur kepada anak-anak, berupa peralatan sekolah dan juga penyerahan kunci bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH) yang dihuni oleh salah satunya anak dibawah umur, diserahkan oleh Ketua TP PKK Kalsel,” ucap Nuriyani.

Selain itu, Nuriyani menyampaikan, pihaknya juga terus berupaya melakukan pelayanan penanganan permasalahan anak melalui Panti Perlindungan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria sesuai klasifikasinya.

“Ada enam pelayanan yaitu anak balita terlantar, anak terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak yang memerlukan perlindungan khusus, remaja terlantar dan anak korban tindak kekerasan,” kata Nuriyani.

Nuriyani mengharapkan, dengan adanya bimbingan tersebut menjadi modal bagi anak jadi pribadi yang mandiri dan kuat. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai