Pemprov Kalsel Siap Ekspor Pangan ke Luar Negeri

Kepala Dinas Tanaman dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman di ruang kerjanya.

Pemprov Kalsel melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel siap melakukan ekspor pangan ke luar negeri.

Hal ini didorong karena sejumlah negara mengalami krisis pangan yang diakibatkan perang antara negara Rusia dan Ukraina yang merupakan produsen dan eksportir komoditas utama dunia.

Untuk mengatasi krisis pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) menginginkan Pemprov Kalsel untuk siap dan bersedia meningkatkan sektor pertanian agar bisa melakukan ekspor beras ke negara lain. 

“Kami sangat menyambut baik dan siap melakukan ekspor beras ke negara lain, dikarenakan produksi beras di Kalsel selalu surplus setiap tahunnya,” ucap Kepala Dinas Tanaman dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman, Banjarbaru, Jumat (1/7/2022).

Lanjut Ia menjelaskan, untuk meningkatkan produksi beras, pihaknya mengimbau kepada para petani, saat musim kemarau agar dapat menanam padi jenis unggul. Karena padi jenis unggul lebih mudah beradaptasi di musim kemarau daripada padi jenis lokal.

“Kalau kita menanam padi jenis unggul, kita juga akan menahan adanya serangan hama tungro, karena serangan hama ini hanya terdapat di padi jenis lokal seperti beras siam dan beras siam mayang,” jelasnya.

Dengan menaman padi jenis unggul di musim kemarau, maka padi jenis ini dapat bertahan tumbuh dan produksi beras akan tetap meningkat.

“Kita akan melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk penanaman padi jenis unggul ini,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih