BPBD dan Kemenkumham Kalsel Bersinergi Tanggulangi Bencana

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Sahruddin (kedua dari kanan) menghadiri pembukaan Bimtek Manajemen Mitigasi Bencana pada UPT Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2022 di salah satu hotel di Banjarmasin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan bersinergi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Wilayah Kalsel dalam penanggulangan bencana.

“Sebagai mitra, kita juga bekerja sama dengan siapa saja dalam simulasi penanggulangan mitigasi bencana,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Sahruddin, Jumat (17/6/2022).

Salah satu sinergi yang dilakukan yaitu kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Mitigasi Bencana pada UPT Pemasyarakatan Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di salah satu hotel di Banjarmasin.

Bimtek diikuti oleh kepala lembaga pemasyarakatan (lapas), kepala rumah tahanan (rutan), dan kepala urusan tata usaha se-Kalimantan Selatan dengan total 35 peserta.

“Peserta bimtek ini merupakan pemegang kebijakan di daerah masing-masing, sehingga penanganan mitigasi bencana dapat lebih dipahami dan disiapkan sedini mungkin untuk mencegah hal-hal kecil yang bisa saja terjadi,” lanjut Sahruddin.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Wilayah Kalimantan Selatan, Sri Yuwono mengatakan kegiatan bimtek sebagai langkah pembekalan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Melalui bimtek ini, kita memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mereka pengampu agar mendapat pengetahuan dan wawasan tentang mitigasi bencana,” ujar Yuwono.

Bimtek dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 16-17 Juni 2022. Hari pertama diberikan pembekalan materi kemudian hari kedua praktik atau simulasi. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai