Tingkatkan Kreativitas Seniman Kalsel Melalui Perlombaan

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti di ruang kerjanya, Banjarmasin, Jumat (10/6/2022). MC Kalsel/usu

Dalam rangka meningkatkan kreativitas seniman dan sekaligus memperkenalkan seni kepada masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan berbagai macam perlombaan seni.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel Suharyanti mengatakan pada pertengahan 2022 ini, pihaknya akan melaksanakan lomba Bakisah Bahasa Banjar, lomba Tari Pedalaman dan Festival Gamelan Banjar. 

“Dengan perlombaan ini, tentunya menjadi wadah untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas bagi para seniman di Kalsel,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (10/6/2022).

Lanjut ia menjelaskan, untuk lomba bakisah bahasa banjar dan tari pedalaman diikuti oleh pelajar SMA/sederajat, sedangkan Festival Gamelan Banjar diikuti oleh masyarakat umum.

Akan tetapi, dikarenakan lomba tari pedalaman dan gamelan banjar melebihi kuota peserta, maka akan diadakan babak penyisihan.

“Jadi peserta akan mengirimkan video lalu dipilih oleh para juri, kemudian akan dilombakan kembali saat kegiatan dimulai,” ungkapnya.

Perlombaan ini rencananya akan dilaksanakan pada akhir Juni atau awal Juli selama dua hari yang diadakan di area Taman Budaya.

Untuk lomba telah dibuka dari 17 Mei sampai satu bulan ke depan dan untuk pendaftar mencapai puluhan di setiap lomba.

“Maka dari itu, diharapkan para peserta dapat menampilkan yang terbaik pada perlombaan kali ini, agar para juri bingung untuk menentukan pemenang nanti,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih