Dinaskop dan UKM Kalsel Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan mendorong mendorong pelaku UMKM di Kalimantan Selatan untuk memanfaatkan program Nasional yaitu digitalisasi UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai mengajak untuk memanfaatkan digitalisasi ini agar UMKM dapat mengikuti perkembangan pada zaman sekarang.

“Dalam rangka untuk memasukkan UMKM ke digitalisasi, kami selalu melakukan sosialisasi, bimtek dan pelatihan,” ujar Yanuar, Kamis (9/6/2022).

Menurut data tahun 2019 lalu, ada sekitar 461.000 pelaku UMKM di Kalimantan Selatan dan Pemerintah akan berupaya agar semuanya dapat terlibat dalam digitalisasi. 

Dengan memanfaatkan digitalisasi, pelaku UMKM dapat memasarkan produk lokal termasuk proses pembayaran cukup melalui digitalisasi, yaitu penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan juga dengan bergabung e-katalog dalam pengadaan barang dan jasa.

“Kami harapkan semua UMKM Kalimantan Selatan masuk menjadi e-katalog di dalam pengadaan barang dan jasa di Kalimantan Selatan, ini sudah beberapa kali dilakukan dan kami terus berupaya dan menjangkau UMKM,” tutup Yanuar. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai