Pemprov Kalsel Ajak Pemerintah Kabupaten/Kota Angkat Potensi Desa Wisata Daerah

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Menilik kesuksesan Desa Wisata Kubah Basirih yang masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel mengajak pemerintah Kabupaten/Kota terus mengangkat potensi desa wisata di masing-masing daerah.

Kepala Dispar Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, desa wisata di Kalsel memiliki potensi dan keindahan alam yang bagus, tentunya itu semua perlu dukungan dari pemerintah setempat agar semua potensi wisata dapat terangkat.

“Kita tidak perlu berwisata kejauh tempat, karena alam kita sudah memberikan cukup banyak kelebihan, tinggal bagaimana kita meningkatkan potensi yang ada agar memiliki nilai jual yang baik,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (7/6/2022).

Lebih jauh, Syarifuddin mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata berbasis desa wisata ini agar bisa bersaing di tingkat nasional.

Syarifuddin pun berharap pemerintah Kabupaten/Kota dapat memetakan potensi desa wisata unggulannya untuk bisa dikembangkan bersama, guna persiapan ADWI di tahun selanjutnya.

“Kita harapkan kepada Kabupaten/Kota punya desa wisata unggulannya, karena teman-teman di daerah yang lebih tau potensi yang dimiliki, kami di provinsi siap memberikan dukungan fasilitasi untuk mengembangkan potensi tersebut, agar lebih banyak desa yang mewakili ke tingkat nasional,” tambah Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai