Melalui Bimtek SIAK, Disdukcapil-KB Kalsel Wujudkan Pelayanan Administrasi Kependudukan Berkualitas

Bimtek Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Terpusat Tahun 2022. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Diskdukcapil-KB) Kalsel terus berupaya mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih berkualitas, berbasis konvensional maupun digital.

Salah satunya dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan di tingkat Kabupaten/Kota melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat tahun 2022. 

“Aparatur pemerintah daerah, khususnya yang menangani SIAK sudah sepatutnya memiliki kompetensi teknis dan non teknis terkait pengelolaan informasi data kependudukan, baik yang berbasis konvensional maupun digital,” kata Kepala Diskdukcapil-KB Kalsel, Zulkifli, pada pembukaan Bimtek SIAK Terpusat, di Banjarmasin, Senin (30/5/2022) sore.

Lebih jauh, Zulkifli menegaskan, bimtek ini juga sebagai upaya Pemprov Kalsel untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal terkait data kependudukan, dengan harapan terciptanya tertib data kependudukan, sehingga bisa mendukung sektor pelayanan publik dan pembangunan di Kalsel.

“Tertib administrasi kependudukan akan mempermudah pelaksanaan program-program pemerintah, seperti pengentasan kemiskinan dan pengangguran, pelaksanaan pemilihan kepala daerah, bahkan untuk mengidentifikasi korban musibah kecelakaan, serta mengidentifikasi terduga pelaku terorisme,” kata Zulkifli.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan, Diyah Indrasari menuturkan, selain untuk mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang optimal dan berkualitas, bimtek ini juga sebagai bentuk persiapan dalam penerapan Digital ID.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menyamakan persepsi dan kemampuan petugasnya dulu, sebagai bentuk persiapan dalam penerapan digital ID,” kata Diyah. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai