Dinas PUPR Kalsel Sosialisasi AHSP Bangunan Gedung Guna Tingkatkan Kemampuan

Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang Kalimantan Selatan melalui Bidang Cipta Karya mengadakan Sosialisasi Standar Analisasi Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) di Banjarbaru, Selasa (24/5/2022). 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bidang Cipta Karya mengadakan Sosialisasi Standar Analisasi Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) di Banjarbaru. Kegiatan ini dilakukan dalam membuat perhitungan pekerjaan infrastruktur gedung yang diperlukan pengetahuan, wawasan dan perspektif yang sama antara pengguna jasa dan penyedia jasa konstruksi, agar didapatkan hasil perhitungan yang efektif, efisien dan akuntabel.

Mewakili Plt Kadis PUPR Kalsel, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Nasrullah mengatakan kegiatan ini perwujudan Pemerintah Provinsi dalam melakukan pembinaan terhadap Dinas PUPR Kabupaten/Kota se-Kalsel terkait diundangkannya permen PUPR Nomor 1 Tahun 2022 tentang penyusunan perkiraan biaya pekerjaan.   

“Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan AHSP lingkup bangunan gedung,” katanya, Selasa (24/5/2022).

Kedepannya, akan meningkatkan kompetensi penyusunan ASP melalui Bimtek, tidak hanya lingkup bangunan gedung namun bidang lain sesuai perembesan PU Nomor 1 Tahun 2022.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Teknis Penyehatan Lingkungan Air Minum dan Bangunan, Ryan Tirta Nugraha menambahkan kegiatan ini dalam rangka pembinaan ke Kabupaten/Kota terkait terbitnya Permen PUPR No.1 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan mencabut Permen PUPR No/ 28/PRT/M/2016.

“Maka dari itu, saya berharap para peserta dapat meimplementasikan dengan baik di masing-masing SKPD berdasarkan ketentuan oleh Pemerintah pusat,” tambahnya.

Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari dengan menghadirkan peserta dari Dinas PUPR Bidang Cipta Karya Kabupaten/Kota se-Kalsel, Asosiasi Jasa Konstruksi se-Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih