Antisipasi Bahan Berbahaya, Labkes Kalsel Lakukan Pemeriksaan Sampel Makanan

Laboratorium Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menurunkan tim kesehatan untuk melakukan pemeriksaan konsumsi yang disediakan oleh instansi pemerintah dan masyarakat umum di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin Kamis (12/5/2022). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka memberikan keamanan makanan bagi masyarakat yang mengikuti haul, Laboratorium Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menurunkan tim kesehatan untuk melakukan pemeriksaan konsumsi yang disediakan oleh instansi pemerintah dan masyarakat umum.

Kepala Labkes Kalsel, Riko Ijami mengatakan pada kegiatan haul datu kelampaian ke-216, pihaknya ditugaskan melakukan pemeriksaan disetiap konsumsi yang disediakan.

“Jadi kami lakukan pemeriksaan dari pagi tadi sebelum acara dimulai. Ada 30 lebih sampel yang dilakukan pemeriksaan,” kata Riko, di Banjarmasin, Kamis (12/5/2022).

Menurutnya dari 30 lebih sampel tersebut, sekarang masih proses pemeriksaan oleh tim kesehatan melalui unit Mobile. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, ada beberapa yang terkontaminasi makanan mengandung bahan pengawet atau (Nitrit). Yang menjadi kekhawatiran adalah terjadinya sakit perut pada yang mengkonsumsinya.

“Maka dari itu, kita melakukan pencegahan untuk menyetop beberapa sumber makanan agar tidak dibagikan lagi dan yang dibagikan kami tarik agar tidak terjadinya diare,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai