Kementerian Kominfo Targetkan 50 Persen Pelaku UMKM Terdigitalisasi di Tahun 2024

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemkominfo RI, Hedi M. Idris, saat Sosialisasi Pelatihan UMKM Maju Digital Professional Academy Batch 2 DTS 2022 secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melalui Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM melaksanakan Sosialisasi Pelatihan UMKM Maju Digital Professional Academy Batch 2 DTS 2022 secara virtual.

Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemkominfo RI, Hedi M. Idris, mengatakan seiring dengan semakin cepatnya transformasi digital saat ini, pihaknya terus berupaya untuk menyediakan sumber daya manusia UMKM yang melek digital sejak tahun 2018 lalu.

“Sesuai dengan arahan pak Presiden, kami menargetkan 600 ribu talenta per tahunnya di bidang digital, salah satunya juga menyusur para pelaku UMKM. Kami pun menargetkan 50 persen pelaku UMKM di Indonesia sudah terlatih dan terdigitalisasi pada tahun 2024 mendatang,” kata Hedi, secara virtual, Selasa (19/4/2022).

Agar dapat menjangkau seluruh pelaku UMKM di Indonesia, Hedi menambahkan pihaknya bekerja sama dengan startup lokal untuk melahirkan mentor-mentor kompeten yang bisa membantu membimbing pelaku UMKM di daerah-daerah pelosok.

Apalagi, Hedi mengatakan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang perlu diberikan dukungan pelatihan digital agar produk yang dihasilkan bisa mendunia.

“Tidak mungkin kita bisa mencapai semua pelaku UMKM, oleh karena itu kita perlu mentor yang berkompeten untuk menjangkau daerah yang jauh agar semakin banyak produk UMKM kita yang bisa mendunia secara digital,” tukas Hedi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai