Diisi Seminar Internasional Hingga Angkat Potensi UMKM, Pemprov Kalsel Siap Gelar W20

Kepala DPPPA, Adi Santoso, Banjarbaru, Rabu (16/3/2022). dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) tengah bersiap menggelar rangkaian Women 20 (W20) tanggal 23 sampai 25 Maret 2022.

Kegiatan utama diisi dengan seminar internasional yang dibuka oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, dengan mengangkat isu kesehatan perempuan untuk bangkit di masa pandemi, tanggal 23 Maret 2022 di Banjarmasin.

“Pada seminar internasional nanti akan hadir dari 100 tamu delegasi luar (negeri) dan 50 peserta dari organisasi-organisasi perempuan di Kalsel, karena momen W20 ini kita lebih menonjolkan peran perempuan di Kalsel,” kata Kepala DPPPA Kalsel, Adi Santoso, Banjarbaru, Rabu (16/3/2022).

Adi mengatakan, seminar internasional tersebut menghadirkan narasumber dari negara-negara yang tegabung dalam G20, dipandu moderator dari Korea Selatan. Sementara, untuk kapasitas tamu dilakukan pembatasan karena masih dalam keadaan pandemi.

Keesokan harinya, tanggal 24 Maret 2022 akan dilaksanakan city tour dalam rangka mempromosikan wisata andalan di Kalsel, yang diawali pagelaran Pasar Terapung di Siring Menara Pandang Banjarmasin, dengan menghadirkan 200 perahu mulai pukul enam pagi, dilanjutkan kegiatan susur sungai.

“Setelah itu, di hari yang sama tamu undangan side empat event W20 akan mengunjungi perajin sasirangan di Banjarbaru dengan dilanjutkan mengunjungi gelaran UMKM milik Dekranasda Banjarbaru di Mess L,” ujar Adi.

Rombogan tamu W20 juga akan berkunjung ke Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam yang dilanjutkan dengan melihat produk olahan permata di Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, diakhiri gala dinner bersama Gubernur Kalsel di Kiram Park.

Adi berharap, event W20 dapat membangkitkan perekonomian di Kalsel, terutama untuk pelaku usaha UMKM agar dapat memperkenalkan produk ke pasar internasional.

“Tidak hanya untuk perbaikan ekonomi untuk UMKM saja, tapi kita juga dapat memperkenalkan pariwisata di Kalsel, serta mendapat ilmu yang sangat baik,” ujar Adi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai