Dinas Kominfo Kalsel Dorong Peningkatan Kualitas Pengelolaan Aduan Masyarakat di Kabupaten Balangan

Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Dinas Kominfo Kalsel, Chairun Ni’mah, Banjarmasin, Jumat (11/3/2022). dok

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong peningkatan pengelolaan aduan masyarakat di Kabupaten Balangan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Balangan.

Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik, Chairun Ni’mah, mewakili Kepala Dinas Kominfo Kalsel mengatakan Bimtek pengelolaan SP4N LAPOR! merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan bagi pejabat penghubung di Kabupaten Balangan.

“Ini merupakan yang kedua kalinya Diskominfo Kabupaten Balangan meminta kepada kami (Diskominfo Kalsel) untuk memberikan Bimtek pengelolaan SP4N LAPOR!. Hal ini disebabkan karena sekitar 50 persen pejabat penghubung yang sebelumnya telah berganti, baik karena mutasi, pensiun, dan lainnya,” kata Chairun, Banjarmasin, Jumat (11/3/2022).

Agar aduan masyarakat yang masuk melalui SP4N LAPOR! bisa teratasi dengan baik, Chairun mengatakan pejabat penghubung harus menguasai klasifikasi, tindak lanjut, dan lain sebagainya hingga aduan sampai ke instansi terkait.

“Pejabat penghubung harus menguasai itu semua, kalau pejabat penghubung ada yang berganti mau tidak mau harus belajar dari nol lagi, agar aduan masyarakat bisa teratasi dengan baik,” jelas Chairun.

Pada kesempatan tersebut, Chairun melibatkan dua staf yang sehari-harinya mengelola SP4N LAPOR! untuk memberikan penjelasan teknis terkait tindak lanjut aduan.

“Pada kesempatan ini saya ingin mendorong Arif dan Harfan (staf) agar bisa tampil di depan publik. Apalagi selama ini mereka berdualah yang memegang pengelolaan SP4N LAPOR!, Lapor Paman yang diterapkan di lingkup Pemprov Kalsel,” ucap Chairun.

Chairun pun bersyukur materi dan pelatihan yang diberikan mampu dipahami oleh peserta, diukur dari hasil post test di akhir kegiatan.

“Alhamdulillah dari hasil pre test sekitar 80 persen peserta telah menguasai materi dasar pengelolaan tindak lanjut aduan yang kita berikan, dan lebih hebatnya lagi saat post test persentase ini meningkat menjadi 90 persen. Ini membuktikan materi yang kita berikan diserap dengan baik. Semoga setalah mengikuti pelatihan ini, tingkat pengeloaan aduan masyarakat di SP4N LAPOR! Kabupaten Balangan menjadi lebih baik lagi,” tukas Chairun. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai