Dinsos Kalsel Berikan Bantuan Tanggap Darurat Warga Terdampak Banjir di Tanah Laut

Kepala PSKBA Dinsos Kalsel, Achmadi (tengah)/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bergerak cepat memberikan bantuan tanggap darurat bagi warga terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Kalsel, Achmadi, mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan melalui Dinsos Kabupaten Tanah Laut.

“Adapun bantuan yang kita serahkan berupa kasur, selimut, tenda gulung, makanan siap saji, makanan anak, lauk pauk, sandang dewasa, sandang bayi, family kit, kids ware, food ware, peralatan dapur dewasa dengan total jumlah 710 unit,” kata Achmadi, Banjarmasin, Selasa (8/3/2022).

Achmadi menyebutkan banjir di sebagian wilayah Kabupaten Tanah Laut dikarenakan kondisi cuaca hujan yang tidak kunjung reda hampir satu hari penuh.

“Berdasarkan hasil pengecekan dari Bhabinkamtibmas, situasi debit air meningkat atau naik dengan perkiraan kurang lebih satu meter sampai 1,5 meter, kondisi cuaca pun masih terpantau hujan,” kata Achmadi.

Adapun wilayah yang terdampak yaitu Kecamatan Pelaihari di Desa Angsau dan Desa Karang Taruna. Kemudian di Kecamatan Tangkisung di Desa Batilai, Desa Ranggang, dan Desa Banua Tengah serta Kecamatan Panyipatan di Desa Batu Tungku dan Desa Kandangan Lama.

“Total data sementara yang dihimpun tim Tagana Kalsel dari 3 kecamatan dan 8 desa adalah 531 rumah, 531 KK dan 2.125 jiwa terdampak bencana banjir kali ini, semoga tidak ada penambahan debit air lagi,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai