Dinsos Kalsel Bergerak Cepat Koordinasikan Bantuan Terdampak Puting Beliung di Kabupaten Banjar

Dinsos Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bergerak cepat mengkoordinasikan bantuan tanggap darurat bagi warga terdampak bencana puting beliung di Kabupaten Banjar yang terjadi pada Senin (28/2/2022) kemarin.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Kalsel, Achmadi, menyebutkan bantuan telah diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Banjar bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Banjar.

“Jumlah paket sebanyak 64 paket sembako dari Pemkab Banjar berisikan beras 5 kilogram ,minyak 2 liter,tepung 2 kilogram, gula 2 kilogram, kue kering 2 bungkus, susu 1 kaleng, sarden 6 kaleng, kecap 2 botol, teh 2 kotak, mie 10 bungkus untuk daerah yg paling parah yaitu desa pemakuan,” kata Achmadi, Banjarmasin, Selasa (1/3/2022).

Lebih lanjut Achmadi menyebutkan, bencana puting beliung menimpa Kecamatan Sungai Tabuk, tepatnya di Desa Pemakuan Laut, Sungai Tabuk Keramat, Pembantanan, Lok Buntar, Sungai Bangkal, Sungai Pinang Lama, Gudang Tengah dan Sungai Tabuk Kota.

“Terparah di Desa Pemakuan Kecamatan Sungai Tabuk dengan 39 rumah rusak ringan, 26 rumah rusak sedang, 7 rumah rusak berat, dengan total 72 KK dan 235 jiwa,” ucap Achmadi.

Tak hanya di Kecamatan Sungai Tabuk, angin puting beliung juga terjadi di Kabupaten Barito Kuala (Batola) dan Banjarbaru.

“Untuk di Batola tepatnya di Kecamatan Mekarsari Desa Tinggiran Tengah dengan laporan 16 rumah rusak ringan dan 8 rumah rusak berat. Sementara, di Banjarbaru terjadi di Kecamatan Landasan Ulin Desa Guntung Payung dengan 2 rumah rusak ringan,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai