Dekranasda Kalsel Motivasi Pelaku IKM Majukan Kerajinan Lokal

Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Dekranasda Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan (Kalsel) berperan sebagai pembina bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di 13 kabupaten/kota dalam pengembangan produk unggulan daerah.

“Kita motivasi mereka (pelaku IKM) untuk bisa bersiang dengan produk dari luar dan dalam daerah untuk peningkatan kemajuan usaha kerajinan rakyat,” kata Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Dekranasda Kalsel, Hasbullah, Banjarmasin, Selasa (22/2/2022).

Hasbullah mengatakan, Dekranasda memiliki peran penting untuk memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha.

Oleh karena itu, Ia meminta pengurus Dekranasda kabupaten/kota untuk terus mendukung kerajinan lokal agar mampu bersaing dengan produk nasional.

“Kita ingin produk unggulan daerah bisa lebih bersaing dengan daerah lainnya, terutama bisa ekspor agar para perajin IKM bisa meningkat pendapatannya,” kata Hasbullah.

Untuk mewujudkannya, Hasbullah menyebutkan pada tahun 2022 ini Dekranasda Kalsel memiliki tiga program, yaitu promosi dan pemasaran, kerja sama dengan dinas terkait, dan pelatihan bagi pelaku IKM.

Untuk promosi dan pemasaran, ada tiga kegiatan yang akan diikuti, yakni pameran Inacraft di Jakarta pada 23 hingga 27 Maret, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas, dan pameran Kalsel Expo dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel.

“Kemudian, kerja sama dengan dinas terkait, termasuk Dinas Pariwisata dari kunjungan lokal maupun mancanegara untuk menarik minat wisatawan, dan pelatihan kita libatkan pelaku IKM untuk membuat kerajinan, seperti sasirangan, kerajinan purun, rotan, dan lainnya,” kata Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih