Dispar Kalsel Usulkan Puluhan Event Pariwisata Unggulan sebagai KEN Tahun 2022

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (14/2/2022). MC Kalsel/Jml

Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota telah mengumpulkan puluhan data event pariwisata wisata unggulan sebagai bahan usulan Karismatik Event Nasional (KEN) Tahun 2022 ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan data tersebut sudah dikirimkan ke Kemenparekraf pada tanggal 14 Januari lalu dan saat ini tinggal menunggu kedatangan tim kurator Kemenparekraf untuk evaluasi.

“Semuanya sudah kita kirimkan, ada puluhan, dan saat ini kita tunggu evaluasi dari tim kurator Kemenparekraf. Setelah lulus tahap administrasi, nanti akan ada presentasi masing-masing event yang dianggap layak untuk masuk KEN,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (14/2/2022).

Syarifuddin mengatakan,dengan terpilihnya event pariwisata unggulan sebagai KEN, tentunya akan sangat bermanfaat bagi daerah karena akan terpromosikan secara nasional.

“Karena ini programnya kementerian, pastinya seluruh Indonesia akan melihat, bahkan tidak menutup kemungkinan hingga mancanegara, apalagi pihak kementerian punya jaringan yang luas. Mereka juga akan membantu pembiayaan kegiatan,” tutur Syarifuddin.

Syarifuddin menyebutkan, pada tahun 2021 lalu tiga event Kalsel berhasil masuk KEN Kemenparekraf RI, yaitu Festival Budaya Saijaan, Nada Alam, dan Festival Bunga Anggrek.

“Untuk tahun ini tentunya kita harapkan bisa lebih banyak lagi, kalo bisa empat sampai lima event daerah kita bisa masuk KEN tahun 2022,” pungkas Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai