Atasi Keterbatasan Bahan Bacaan, Dispersip Kalsel Hadirkan Pusling di Tanah Bumbu

Dispersip Kalsel/dok

Sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan minat baca secara terus-menerus, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menurunkan sejumlah armada perpustakaan keliling ke Sekolah Dasar Negeri Dukuh Rejo dan TK Kasturi, Kecematan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan selama ini yang menjadi permasalahan dalam meningkatkan minat baca di daerah pelosok adalah terbatasnya bahan bacaan yang tersedia di lembaga pendidikan setempat.

Hal ini, menurut Nurliani, dibuktikan dengan antusias masyarakat setiap kali armada perpustakaan keliling Dispersip Kalsel menyambangi daerah-daerah pelosok.

“Masalah kita bukan pada rendahnya kegemaran membaca, tapi bahan bacaan yang sangat terbatas. Kita temui satu buku untuk 90 orang,” kata Nurliani, Banjarmasin Jumat (11/2/2022).

Nurliani mengatakan, literasi adalah kedalaman pengetahuaan seseorang terhadap suatu subjek ilmu tertentu yang dapat diimplementasikan untuk memahami apa yang tersirat dari yang tertulis.

“Seperti yang kita tahu, bahwa literasi itu merupakan kedalaman pengetahuaan seseorang terhadap suatu subjek ilmu tertentu. Untuk meningkatkan literasi setiap orang perlu akses yang luas terhadap sumber bacaan dan ilmu pengetahuan terkini, untuk itulah kita setiap tahun terjun ke daerah pelosok dengan armada perpustakaan keliling kita membawakan bahan bacaan bagi masyarakat disana,” tutur Nurliani.

Sementara itu, Kepala SDN Dukuh Rejo, Mohammad Saberun, berterima kasih atas kehadiran perpustakaan keliling Dispersip Kalsel.

“Terima kasih atas kedatangan Dispersip Kalsel dari Banjarmasin yang telah menghibur anak-anak bahkan kami,” singkat Saberun.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala TK Kasturi, Watiah, yang mengatakan anak-anak terlihat sangat gembira menyambut kehadiran perpustakaan keliling.

“Mudah-mudahan kedepan bisa kembali berkunjung ke tempat kami,” harap Watiah. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai