Tingkatkan Keterampilan, BLK Kalsel Buka 17 Kejuruan Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kepala Balai Latihan Kerja Provinsi Kalimantan Selatan Suhirman di ruang kerjanya, Banjarbaru, Kamis (20/1/2022). MC Kalsel/usu

Dalam rangka memberikan keterampilan kepada masyarakat, Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di tahun 2022 kembali membuka pelatihan berbasis kompetensi dengan 17 Kejuruan.

Kepala BLK Kalsel, Suhirman mengatakan pada pertengahan bulan Januari ini pihaknya sudah membuka pendaftaran.

“Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online maupun offline atau langsung datang ke kantor BLK di Banjarbaru dan akan terus dibuka sampai 1 bulan ke depan,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (20/1/2022).

Lanjut Ia menambahkan, pada tahun 2022 pihaknya membuka 27 paket pelatihan, yang mana 10 Paket dari dana APBD dan 17 Paket dari dana APBN .

“Untuk kejuruan yang dibuka pada tahun ini ialah, tata rias pengantin muslim modifikasi, teknisi embedded system/otomasi elektronika industri, tata rias kecantikan, teknisi perawatan Ac residential, menjahit pakaian dengan mesin, pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana, plate welder smaw 3G UP PF, pemasangan instalasi otomasi listrik industri, desainer grafis muda, servis sepeda motor injeksi, computer operator assistant, pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi (Mobil), desainer multimedia muda, pengoperasian mesin bubut pengelola administrasi perkantoran, servis AC mobil dan teknisi audio video,” ungkapnya.

Lanjut Suhirman mengatakan, bahwa semua jurusan pelatihan akan diberikan pembelajaran dari dasar. Sehingga untuk calon peserta pelatihan tidak perlu khawatir dalam penyesuaian mengikuti pembelajaran jurusan kelas pelatihan.

Selain itu, bagi calon peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan tanda bukti kelulusan dari BLK yang berguna untuk meyakinkan perusahaan yang akan dilamarnya dan diberikan secara gratis.

“BLK dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berdedikasi mencetak tenaga kerja yang siap terjun ke dalam dunia kerja,” tuturnya.

Ia berharap, dapat menciptakan para alumni BLK yang memiliki pengalaman, keterampilan, serta pengetahuan kerja untuk mengembangkan diri dalam dunia industri maupun usaha wiraswasta secara mandiri.

Bagi yang ingin mengikuti pelatihan di BLK bisa mendaftarkan dirinya di website resmi kementerian tenaga kerja yaitu www.kemnaker.go.id atau bisa datang langsung ke kantor BLK yang di Banjarbaru. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai