Taman Budaya Akan Lakukan Peremajaan Gedung Balairung Sari

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, Banjarmasin, Selasa (18/1/2022). MC Kalsel/usu

Pada tahun 2022, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dimiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel akan melakukan peremajaan Gedung Balairung Sari.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengungkapkan di tahun ini ada dua peningkatan fasilitas yang akan dilakukan oleh Taman Budaya.

“Kami akan melakukan peremajaan pada Gedung Balairung Sari serta melanjutkan pembuatan tempat wisata kuliner seni yang nantinya bertempat di sebelah sekretariat,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (18/1/2022).

Untuk Gedung Balairung sari, pihaknya akan meninggikan lantai dasar. Karena apabila curah hujan tinggi akan mengalami banjir, dan memperbaiki bagian tempat rias.

“Peremajaan gedung ini diambil pada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN, yang tahun ini alhamdulillah kita mengalami kenaikan menjadi Rp2 miliar yang sebelumnya Rp1.75 miliar,” tuturnya.

Lanjut Suharyanti, untuk pembuatan tempat wisata kuliner seni saat ini sudah masuk ke tahap pengerukan.

“Pengerjaan ini sudah masuk ke tahap 4 dan perkiraan di tahun 2024 kami sudah mulai membangun kedai tersebut,” katanya.

Suharyanti mengungkapkan, konsep kedai yang nantinya dibangun berbahan kayu supaya lebih terasa artistik, dan juga nantinya akan ada panggung terbuka.

“Yang mana panggung tersebut untuk memberikan ruang kepada seniman yang ingin melakukan pertunjukan,” tutupnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai